Khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan

manfaat temulawak

Sebagian masyarakat indonesia tentu tidak lagi merasa asing  ketika mendengar tanaman – tanaman  yang digunakan sebagai bahan dasar obat tradisional. Terutama pada jenis tanaman temulawak yang sudah sejak lama digunakan untuk ekstrak beragam obat herbal di Indonesia. Apa sajakah manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh?

Temulawak sangat familiar di tengah-tengah masyarakat indonesia khususnya para penggemar jamu tradisional. Jamu adalah ramuan herbal yang dibuat dari campuran bahan-bahan alami, salah satunya adalah temulawak ini. Meskipun begitu, tak banyak yang mengetahui ragam manfaat temulawak kecuali hanya sebatas pengetahuan yang bersifat umum saja.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) dikenal sebagai tanaman  bahan dasar obat  tradisional  khas indonesia. Tanaman ini tergolong kedalam jenis temu-temuan yakni tanaman dengan bentuk rimpang dan akar yang pada bagian batangnya berada di dalam tanah. Temulawak tergolong ke dalam  keluarga tanaman Zingiberaciae, seperti halnya kunyit, jahe,lengkuas, dan lainnya. Tanaman semacam ini banyak terdapat di wilayah tropis sebagaimana di Indonesia dan negara – negara Asia tengga lainnya. TanamanZingiberaciae ini sering ditemukan hidup di liwayah yang memiliki ketinggian 5-750 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Sebagaimana halnya tanaman herbal (obat-obatan alami) pada umumnya, temulawak memiliki ragam manfaat yang luar biasa, terlebih khasiatnya pada tubuh manusia. Beberapa manfaat temulawak yang berhasil kami adalah sebagai berikut ;

1.Membantu melancarkan Buang air besar,

Kandungan serat dan kurkumin yang cukup tinggi pada temulawak dapat membantu melancarkan buang air besar. Bagi anda yang memiliki masalah susah buang air besar, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi tanaman temu- temuan jenis ini.

2. Membantu mengingatkan fungsi Ginjal

Temulawak juga, mampu membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring  darah dari racun dan sia-sia metabolisme tubuh. Manfaat temulawak yang satu ini diperantaui oleh adanya kandungan minyak asiri sebanyak 6,00 % di dalamnya.

3. Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Sejalan dengan khasiat temulawak untuk ginjal di atas, maka  mengkonsumsi tanaman jamu yang satu ini secara rutin dapat membantu  mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Manfaat tersebut juga diperantarai oleh adanya kandungan Phelandren dalam tanaman tersebut.

4. Membantu pemulihan kesehatan tubuh

Bagi anda yang baru saja menjalani proses penyembuhan akibat penyakit, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak. Khasiat temulawak yang satu itu diperantarai oleh kandungan borneol didalamnya secara aktif mampu membantu proses penyembuhan terhadap penyakit atau luka dalam tubuh.

5. Membantu proses metablisme pada tubuh

Metabolisme yang lancar akan memberikan dampak kesehatan pada tubuh secara keseluruhan, dan tanaman jamu yang satu ini mampu membantu melancarkannya. Manfaat temulawak untuk metabolisme tubuh diperantarai oleh kandungan pati pada turmerol sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

6. Membantu meredakan penyakit asma

Bagi penderita asma, sangata disarankan untuk rutin mengkonsumsi temulawak. Anda dapat menyajikannya dengan cara sebagai berikut ;

  • Menyiapkan setengah rimpang temulawak yang telah di cuci sampai bersih
  • Kupas kulitnya dan selanjutnya iris dengan ukuran yang sesuai
  • Rebus temulawak yang telah diiris di dalam air sebanyak 5 gelas
  • campurkan dengan gula aren sesuai selera

Jika air rebusan telah tersisa setengahnya, maka ramuan temulawak telah siap untuk dikonsumsi sebagai penawar penyakit asma.

Agar mendapatkan manfaat temulawak dengan maksimal, maka minumlah secara rutin ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

7. Membantu dan mengobati penyakit Ginjal

Selain melancarkan fungsinya, temulawak juga terbukti ampuh dalam membantu proses pengobatan penyakit ginjal. Cara penyajiannya adalah sebagai berikut ;

  • Kupas kulit temulawak lalu dicuci sampai bersih
  • sesiakan sebanyak empat gelas air putih dalam panci ukuran sedang
  • sediakan pula bahan tambahan yakni daun kumis kucing

lalu rebuslah air tersebut bersama dengan daun kumis kucing serta temulawak yang telah dikupas dan diiris sebelumnya.

Rebus temulawak hingga air didalam panci  tersisa kira-kira sebanyak dua gelas atau setengah dari sebelumnya.  Air rebusan temulawak dan kumis kucing ini sebaiknya diminum tiga kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Membantu mengobati penyakit bisul

Temulawak juga dipercaya mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit bisul. lakukan langkah -langah seperti berikut ini ;

  • Cuci hingga bersih temulawak , lalu dikupas  kulitnya
  • sediakan air sebanyak dua gelas lalu rebus bersama dengan temulawak
  • campurkan sedikit campuran gula aren didalamnya (secukupnya)
  • rebus campuran bahan tersebut hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya
  • tambahkan sedikit asam jawa
  • tiriskan rebusan tersebut hingga tersisa airnya kedalam gelas
  • tunggu hingga agak hangat dan siap diminum

9. Membantu mengatasi mual

Temulawak telah terbukti ampuh dalam mengatasi mual, terlebih pada keluhan morning sickness pada ibu hamil muda. Bagi anda yang seringkali mengalami mual-mual, sangat dianjurkan untuk menkonsumsi ramuan dengan dengan olahan bahan dasar temulawak. Manfaat temulawak yang satu ini tidak terlepas dari kandungan pirikoksin atau vitamin B6 di dalamnya.

10. Membantu meredakan kelelahan otot

Manfaat temulawak selanjutnya yaitu dapat meringkankan kelelahan otot terutama bagi orang-orang yang aktif bekerja dan berolahraga yang berat. Bagi anda yang merupakan seorang pekerja berat dan olahragawan, sangat dianjurkan untuk meminum ramuan dengan cmapuran temulawak didalamnya.

11. Sebagai antioksidan

Dalam temulawak terdapat kandungan antioksidan yang mampu menghambat proses oksidasi terhadap molekul lainnya. Antioksidan juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya kanker payudara pada wanita , mencegah alzheimer (pikun), kardiavaskular (penyakit jantung) dan lain sebagainya.

12. Menambah nafus makan

Bagi anda yang mengalami masalah pada nafsu makan, mengkonsumsi temulawak dapat menjadi solusi bagi anda. Khasiat temulawak sejak dahulu diyakini mamfu menambah nafsu makan.

13. Baik untuk kesehatan hati (liver)

Bahan aktif (anti-oksidan dan anti-edemic) dari kurkuminoid (kurkumin, dicinnamoly-metana, bis – demethoxy – kurkumin, demethoxy curcumin) mendorong empedu dan mencegah pembentukan batu empedu.

Disamping itu temulawak juga memiliki sifat anti – inflamasi sehingga baik untuk mendukung penyembuhan hepatitis atau radang hati.

Manfaat temulawak sebagai pengobatan hepatitis juga banyak digunakan di dunia medis. Ada banyak penyelitian yang telah membuktikan kearifannya.

Selain dari beberapa manfaat utama diatas,temulawak juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya seperti ;

  • memperlancar datang bulan bagi wanita
  • mengurangi produksi darah kotor dalam tubuh
  • membantu menghilangkan komedo
  • membantu pembersihan wajah
  • sebagai bahan dasar kosmetik
  • mampu meningkatkan gairah atau mood
  • membantu mengatasi keluhan insomnia
  • melancarkan asi, bagi ibu menyusui
  • melancarkan haid
  • mengurangi radang sendi

manfaat temualwak diatas memerlukan pembuktian lebih lanjut, terkhusus untuk mengatasi penyakit tertentu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika ingin menggunakan temulawak sebagai pengobatan secara alami.

Apakah temulawak bebas efek samping ?

Disamping memiliki manfaat, ternyata temulawak juga memiliki efek samping. Tanaman ini sangat aman dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari asalkan tidak melebihi batas waktu selama masa penggunaan 18 minggu secara berturut-turut.

Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak dalam porsi besar, untuk jangka waktu yang demikian lama. Hal tersebut dikhawatirkan akan berdampak pada rasa mual dan iritasi pada lambung.

Selain itu konsumsi temulawak bagi ibu hamil dan menyusui rasanya juga perlu untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan belum adanya pengetahuan, mengenai dampak penggunaan temulawak secara konsumtif pada masa kehamilan dan menyusui bagi wanita.

Berkenaan dengan dosis penggunaan penggunaan secara konsumtif terhadap tanaman ini sangat bergantung pada faktor – faktor tertentu, seperti misalnya kesehatan, usia , dan berbagai kondisi lainnya. Akan tetapi hingga saat ini belum terdapat informasi ilmiah terkait dengan takaran dosis konsumsi temulawak. Dalam hal ini anda perlu melakukan konsultasi secara khusus pada dokter dan ahli kesehatan lainnya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat temulawak yang sayang jika dilewatkan, let’s back to nature guys , semoga bermanfaat.

Leave a Reply